Bisnis

7 Layanan Bank untuk Bisnis yang Perlu Digunakan Pengusaha

Layanan Bank untuk Bisnis

Bank telah menjadi Lembaga keuangan yang memiliki mandate untuk menarik dana dari khalayak dan juga mendistribusikannya. Dalam dunia keuangan, bank selalu menjadi institusi pilar penjamin kelancaran perputaran uang dalam masyarakat. Bank juga memiliki layanan bank untuk bisnis. Sehingga bank bukan sekedar Lembaga untuk industri konvensional saja.

Di Indonesia, industry bank memiliki berbagai layanan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Salah satunya melayani untuk bisnis atau korporasi. Layanan ini akan disesuaikan dengan spesifikasi bisnis, baik itu bisnis skala mikro kecil menengah, hingga perusahaan skala besar. Bank akan menyediakan berbagai layanan yang sama untuk industri.

Di Indonesia setiap bank memiliki divisi bisnis tersendiri yang membuatnya bisa melayani seluruh layanan untuk setiap target nasabah. Berikut beberapa layanan bisnis yang bisa kita ketahui.

Layanan Bank untuk Bisnis

Anda perlu mengetahui bahwa layanan bank untuk bisnis sangat beragam dan dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis utama, antara lain:

Rekening Bisnis

Layanan pertama dan mungkin cukup banyak digunakan oleh para pebisnis adalah layanan rekening bisnis. Rekening bisnis merupakan rekening yang digunakan oleh Perusahaan untuk memisahkan antara keuangan bisnis dengan keuangan perusahaan.

Para pengusaha akan bisa menyimpan dana operasional bisnis Anda dengan aman dan terjamin. Bank pun akan menawarkan berbagai fitur seperti kartu debit, transfer antar bank, pembayaran tagihan, dan layanan payroll.

Membantu Anda dalam melacak arus kas dan mengelola keuangan bisnis. Dengan adanya rekening bisnis, Anda bisa menerima pembayaran atas nama Perusahaan. Hal ini akan menunjukan profesionalitas dari bisnis Anda.

Pinjaman Bisnis

Bank juga menyediakan layanan pinjaman bisnis. Pengusaha bisa mendapatkan modal untuk mengembangkan usaha, seperti untuk membeli peralatan, menyewa tempat usaha, atau menambah modal kerja.

Bank memiliki berbagai jenis pinjaman tersedia, seperti Kredit Usaha Mikro (KUR), Kredit Modal Kerja (KMK), dan Kredit Investasi. Syarat dan ketentuan pinjaman berbeda-beda di setiap bank, bandingkan dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Anda bisa berkunjung ke beberapa bank jika ingin melakukan pinjaman. Melakukan survei dan juga mencari informasi mengenai pinjaman yang akan Anda ingin dapatkan.

Layanan Manajemen Kas

Bank pun memiliki layanan manajemen kas yang akan membantu bisnis dalam mencapai efisiensi yang lebih besar dalam mengeloa keuangan bisnis. Membantu Anda dalam mengelola arus kas bisnis secara lebih efisien dan efektif.

Dalam membantu bisnis menggunakan layanan manajemen kas, Bank akan menyediakan fitur-fitur seperti payroll, collection, payment gateway, dan reconciliation dapat membantu mengotomatisasi proses keuangan bisnis.

Layanan ini akan membantu bisnis dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam mengelola keuangan bisnis.

Baca Juga: Pengertian Akuntansi Perbankan

Trade Finance

Layanan bank untuk bisnis selanjutnya adalah membantu bisnis dalam melakukan transaksi perdagangan internasional, seperti ekspor dan impor. Bank menyediakan layanan ini, jika Anda membutuhkan transaksi antar bank yang ada di luar negeri. Bank akan membantu Anda untuk memudahkan proses transfer yang akan lebih mudah.

Adapun layanan yang disediakan seperti, layanan seperti Letter of Credit (L/C), Bill of Lading (B/L), dan Documentary Collection (D/C) dapat membantu mengamankan transaksi dan meningkatkan kredibilitas Anda.

Tentu layanan yang tersedia akan memudahkan proses perdagangan internasional dan meminimalisir risiko.

Treasury

Layanan selanjutnya adalah treasury. Treasury pada perbankan menjadi satu divisi yang membantu Anda dalam mengelola risiko keuangan, seperti fluktuasi nilai tukar dan suku bunga demi menjaga likuiditas perusahaan.

Treasury ini merupakan layanan dari perbankan untuk memastikan fungsi keuangan perusahaan dalam melakukan pengecekan secara berkala demi menjaga kondisi keuangan bisnis.

Adapun beberapa produk-produk seperti hedging, derivatives, dan structured products dapat membantu Anda dalam meminimalisir risiko dan mendapatkan keuntungan dari perubahan pasar keuangan.

Layanan ini akan membantu Anda dalam mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

E-Banking Bisnis

Layanan e-banking bisnis menjadi salah satu jenis layanan yang banyak digunakan oleh para bisnis. Dengan menggunakan layanan ini perusahaan dapat melakukan transaksi perbankan bisnis secara online dengan mudah dan praktis.

Bisnis akan lebih mudah dalam mengakses rekening bank, transfer dana, membayar tagihan, dan mengelola keuangan bisnis Anda kapanpun dan dimanapun.

Penggunaan layanan ini akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam mengelola keuangan bisnis.

Layanan Konsultasi

Mungkin jarang banyak diketahui, bahwa bank bisa memiliki layanan konsultasi keuangan. Anda sebagai nasabah bisnis akan mMendapatkan saran dan konsultasi dari para ahli di bidang keuangan dan bisnis.

Dengan menggunakan layanan konsultasi, membantu Anda dalam membuat strategi keuangan, mengembangkan usaha, dan meningkatkan profitabilitas. Sehingga dapat mendukung Anda dalam mencapai tujuan bisnis Anda.

Kesimpulan

Masih banyak layanan bank untuk bisnis dari perbankan. Ada cukup banyak layanan perbankan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, Anda perlu mengetahui apa saja kebutuhan dari bisnis, sehingga bisa menyesuaikan layanan apa yang ingin Anda inginkan.

Keuangan bisnis menjadi salah satu hal penting dalam bisnis, sehingga Anda perlu cara yang efektif dalam mengelolanya. Jika Anda telah menemukan layanan perbankan yang cocok untuk bisnis, Anda juga perlu memiliki sistem keuangan yang tepat untuk bisnis.

Baca Juga: Tutorial Cara Rekonsiliasi Bank di Accurate Online

Salah satunya, Anda perlu menggunakan aplikasi keuangan yang tepat untuk bisnis Anda. Aplikasi keuangan seperti Software Accurate Online bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kebutuhan bisnis. Accurate Online memiliki fitur rekonsiliasi bank yang akan memudahkan bisnis dalam mengintegrasikan catatan keuangan dengan catatan keuangan di rekening bisnis.

Anda bisa mendapatkan Accurate Online di Abcpoins.com sebagai store resmi penjualan Accurate Online. Anda bisa mencoba 30 Hari gratis sekarang.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Tugas dan Tips Jitu Melakukan Direct Selling: Mengoptimalkan Penjualan Langsung dengan Strategi yang Efektif

Ade Muthia

Konten Marketing: Strategi Promosi yang Efektif untuk Bisnis Anda

Ade Muthia

Jika memulai Bisnis hindari Sifat buruk ini

Ade Muthia