Uncategorized

Mengetahui Perbedaan Termin Pembayaran dan Down payment

Istilah termin sering kali terdengar di dunia bisnis atas transaksi jual beli tentu akan menyediakan sistem bayar yang disebut sebagai termin pembayaran bukan? Biasanya termin pembayaran adalah sejumlah pembayaran yang harus ditagih kepada pembeli sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati, lalu apakah perbedaan termin pembayaran dan down payment yuuk simak artikel ini.

Termin pembayaran juga tetap berkaitan dengan down payment atau uang muka. dan penerapan termin dengan uang muka memiliki kegunaan yang berbeda.

Pengertian Termin Pembayaran dan Down Payment

Termin adalah pembayaran yang dilakukan dengan cara dan syarat yang sudah ditetapkan saat akad jual secara kredit. Biasanya pembayaran termin ini dilakukan saat barang atau jasa sudah diterima oleh pembeli. Secara sederhana termin adalah sistem cicilan karena pembayarannya secara bertahap, oleh karena itu ada istilah:

  • termin pertama,
  • termin kedua,
  • dan seterusnya.

Dan uang muka atau down payment (DP) adalah uang yang diberikan pembeli di awal waktu atas transaksi penjualan secara kredit. Uang muka ini biasanya dilakukan ketika belum terjadi serah terima barang atau jasa dari penjualnya. Bisa dikatakan, uang muka merupakan cicilan pertama kali yang diberi pembeli ke penjual. Uang muka ini bisa dalam bentuk persentase atau bisa juga langsung dalam nominal tertentu.

Fungsi Termin Pembayaran

  • Sebagai Bukti Pembayaran yang sah

Pentingnya peran termin ini juga berkaitan dengan adanya bukti pembayaran yang sah. Sehingga ketika barang atau jasa telah diterima, dan ada kesalahan pencatatan maka dokumen ini bisa dijadikan bukti bayar yang sah.

  • Sebagai Pemberi tahu Jatuh tempo

Biasanya setiap termin diterbitkan akan memiliki jangka waktu yang berbeda, tetapi jatuh tempo termin akan memiliki batas waktu hingga 30 hari sejak diterimanya barang atau jasa dari penjual untuk pembeli

  • Bukti Dokumen Kerja Sama yang Sah

Biasanya kesepakatan ini terjadi dalam bentuk dokumen sah yang tertulis, namun dalam bukti informasinya juga akan tercantum perjanjian termin, persentase penyelesaian, jumlah termin dan jumlah pembayaran.

Baca Juga : 5 Tips Finansial Penting dalam Memulai Bisnis

Manfaat Termin Pembayaran

Setelah mengetahui fungsinya berikut ini manfaat dari termin pembayaran antara lain :

  • Biaya yang ditanggung cenderung kecil. Biasanya, biaya yang ditanggung cenderung dibagi menjadi beberapa bagian. Untuk itu, pembayaran termin bisa lebih meringankan karena tidak seluruh nilai pembayaran harus dilakukan dalam waktu yang singkat.
  • Proyek bisa diselesaikan tepat waktu. Penyedia jasa yang menyepakati perjanjian termin tidak bisa santai-santai dalam menyelesaikan pekerjaannya, karena nilai pembayaran akan dilakukan dengan persentase penyelesaian pekerjaan. Jika pekerjaannya lambat, maka penyedia jasa tersebut juga akan merugi.
  • Terdapat jeda waktu untuk menyiapkan dana. Dengan adanya pembayaran berkala, maka akan memudahkan pembeli atau pengguna jasa untuk menyiapkan dananya agar tidak telat bayar.

 

Perbedaan Termin dan Down Payment

Bila dilihat dari pengertian diatas, maka uang muka bisa dikatakan sebagai termin pertama. Yang secara umum memang uang muka sama dengan termin pertama, tetapi hal ini akan berbeda maknanya jika berkaitan dengan faktur pajak. Di dalam faktur pajak, uang muka berbeda dengan termin pertama.

Pembeda utama antara uang muka dan termin pertama adalah sudah belumnya terjadi serah terima barang. Pembayaran sebagian biaya di awal waktu tetapi belum terjadi serah terima barang makan itu disebut dengan pembayaran uang muka.

Dan Sebaliknya, jika pembayaran pertama itu dilakukan setelah adanya serah terima barang (baik seluruhnya atau sebagian) maka disebut sebagai pembayaran termin pertama.

Di dalam dunia perbankan jika menyerahkan data berupa pembayaranke bank maka istilah yang dipakai adalah termin bukan down payment. Dan jika dalam konfimasi pembayaran tersebut ada unsure down payment maka bank akan mendanai perusahaan sebesar harga jual dikurangi nominal DP yang tertera. Jadi jika berurusan dengan perbankan maka benar-benar harus dibedakan antara istilah termin dengan uang muka karena dampaknya menjadi jauh berbeda.

Jenis – Jenis Termin dalam Perusahaan

  • EOM ( End Of Mount )

Biasanya pembayaran seperti ini harus dilunasi secara akhir bulan yang berjalan, dan tanggal berapa saja ingin dibayar maka pelunasan wajib memiliki jatuh tempo akhir bulan untuk segera dilunasi. Misalnya pembelian tanggal 10 April 2020, maka batas akhir pelunasannya tanggal 31 April 2020 tanpa potongan.

  • Syarat N/30

Biasanya syarat n/30, yang merupakan syarat pembayaran dengan ketentuan tenggang waktu selama 30 hari setelah transaksi.

Namun syarat ini juga bisa dilakukan secara n/45, n/50, n/60 dan seterusnya, tergantung kesepakatan yang dilakukan oleh kedua pihak. Misalnya ditanggal 02 Nov 2020 perusahaan membeli barang senilai Rp10.000.000 dengan syarat n/30 tanpa ada potongan, maka jatuh tempo pelunasan tersebut segera dilunasi per 31 Nov 2020.

  • N/10, dengan EOM

n/10 EOM berarti ketentuan pelunasannya memiliki jatuh tempo 10 hari setelah tanggal akhir bulan. Namun angka 10 belum tentu ditetapkan, tergantung atas kesepakatan kedua pihak, biasanya yang dipakai 10 atau 15 hari dan juga tidak memiliki potongan pembayaran.

  • 2/10,n/30

Biasanya sering digunakan oleh perusahaan seperti 2/10, n/30. Syarat ini melakukan pembayaran paling lama setelah 30 hari. Namun dari segi perbedaannya ketika pelunasan kurang dari 10 hari sejak pembelian barang, maka Anda mendapatkan potongan sebesar 2% yang dapat menguntungkan kedua pihak.

Pentingnya Software Akuntansi Untuk Termin dan Down Payment

Dengan menjalankan proses termin harus memiliki perencanaan pembukuan atau keuangan yang tepat dan akurat agar tidak ada kesalahan dalam pembukuan nya, dan seiring berjalannya waktu banyak perusahaan yang mengunaan aplikasi pembukuan untuk memonitori pembukuan perusahaan nya karena dengan mengunakan software akan meminimalisir kesalahan. Accurate online adalah software akuntansi yang dapat membantu dalam remainder transaksi pembukuan usaha Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi cloud base yang dapat di akses diaman saja. Dan setiap transaksi yang di iput di Accurate akan otomatis menyajika laporan secara realtime, jadi anda dengan mudah mengontrol pembukuan usaha anda dimana saja dan kapan saja.

Khusus untuk anda dapatkan diskon 25% untuk aktivasi Accurate online anda disini, yuuk segera upgrade pembukuan usaha Anda dengan Aplikasi Accurate.

DISKON AOL

 

 

 

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Pelaku Ekonomi Peran dan Pengertiannya di Indonesia

Agus Fadhil

7 Tren Kuliner 2019 untuk Mendulang Untung Super Besar

Rika Angraini

Beberapa Peluang Usaha Atau Bisnis Yang Menguntungkan

Ade Muthia