Uncategorized

Menjaga Usaha Tetap Untung di Masa Resesi

Tips Menjaga Usaha Tetap Untung di Masa Resesi

|Era digital menghampiri kita sejak 10 tahun terakhir. Usaha kecil hingga besar terkena dampaknya dimana masing-masing harus segera memilih, ikuti trennya atau tenggelam. Usaha besar kebanyakan memilih untuk mengikuti dan tak jarang menyambutnya dengan baik untuk menghindari atau bahkan memperkuat posisinya di kancah ekonomi terlebih saat harus menghadapi resesi ekonomi di masa yang akan datang. Jika usaha besar dapat dengan mudah mengadopsi berbagai teknologi yang masuk demi menghadapi resesi ekonomi, bagaimana dengan usaha kecil? Apakah usaha kecil juga harus mengadopsi pendekatan yang sama?

Kendati demikian, Anda sebagai pelaku usaha tak boleh patah arang. Daripada mengeluh, hal yang lebih penting untuk dilakukan dalam situasi sulit adalah terus bekerja dan belajar menghasilkan strategi serta inovasi demi menjaga keutuhan bisnis.

Salah satu komponen utama untuk tetap bertahan dalam kondisi resesi ekonomi adalah menjaga kinerja laba usaha. Komponen tersebut berada dalam laporan laba rugi keuangan perusahaan.

Pada dasarnya, laporan laba rugi memaparkan raihan pendapatan usaha dan beban usaha yang mengarah untuk mengetahui laba atau rugi dan nilai investasi yang dihasilkan perusahaan pada periode tertentu.

Komponen utama dalam laporan laba rugi terdiri dari, penjualan, harga pokok penjualan, biaya-biaya, penyusutan, pajak dan bunga. Sementara itu, unsur-unsur lain yang tercakup dalam laporan laba rugi antara lain, pendapatan usaha, beban usaha, biaya keuangan, beban pajak, laba atau rugi kotor, laba atau rugi operasi, laba atau rugi sebelum pajak, dan laba atau rugi bersih.

Cara menjaga bisnis tetap menghasilkan untung dan bisa bertahan di tengah resesi ekonomi

Perhatikan Supplier dan Harga Bahan Baku Terbaik

Dalam kondisi resesi, pemasok atau supplier menjadi sekutu yang sangat penting guna mengukur kekuatan usaha Anda untuk bertahan hidup. Jika Anda memiliki supplier yang bagus, maka usaha Anda memiliki kekuatan tambahan.

Saat ekonomi kian sulit dan persaingan pun semakin ketat, mendapatkan bahan baku dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau merupakan hal sangat penting dalam meningkatkan daya saing. Maka itu, Anda perlu memperluas pengetahuan mengenai supplier yang Anda butuhkan untuk proses produksi.

Supplier yang memiliki banyak konsumen biasanya akan mengendalikan harga bahan baku yang mereka pasok. Semakin lemah posisi tawar Anda, maka akan semakin sulit mendapatkan pasokan bahan baku berkualitas dengan harga bagus, bahkan ancaman stok tersendat pun mungkin saja terjadi.

Jika terjadi, tentu akan membuat biaya produksi membengkak dan menyusutkan perolehan laba. Maka itu, perhatikan supplier dan bahan baku dengan harga terbaik yang bisa diperoleh.

Baca juga : Software akuntansi untuk perusahaan jasa

Baca juga : Mengelola pembukuan untuk toko online

Efisiensi Biaya Produksi

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan untuk menjaga laba tetap mengalir di situasi sulit ialah melakukan efisiensi biaya produksi. Umumnya, biaya produksi merupakan biaya-biaya yang terkait langsung dalam proses produksi, misalnya biaya bahan baku, upah tenaga kerja, dan biaya pendukung operasional seperti distribusi, transportasi, listrik, air, telepon, internet, biaya sewa sarana dan prasarana lain.

Dari sisi bahan baku, kapasitas produksi mempengaruhi besarnya biaya bahan baku. Semakin besar kapasitas produksi, biaya bahan baku akan semakin murah. Namun di situasi krisis, permintaan cenderung menurun, sehingga Anda harus lebih cermat menentukan bahan baku terbaik dengan harga terjangkau.

Aktivitas Penjualan Tetap Agresif

Kondisi resesi memang membuat hampir seluruh pengusaha khawatir dengan masa depan bisnis mereka. Namun kekhawatiran tak akan membantu menyelamatkan usaha Anda.

Tugas pengusaha adalah terus berusaha. Kali ini, Anda dan para karyawan harus berusaha meraih omzet dengan cara-cara yang di luar kebiasaan.

Selain itu, penggunaan teknologi yang tepat untuk menjalankan proses produksi dan proses penjualan mungkin bisa menjadi solusi untuk meningkatkan efisiensi sekaligus meraih omzet.

Baca juga: Cara membuat invoice penjualan secara online

Misalnya, dalam kondisi PSBB, pemilik restoran bisa menjual produk makanan dan minumannya via online, pengusaha kopi bisa menjual produknya dengan kemasan lebih besar dan lebih aman untuk dikirim ke rumah-rumah konsumen. Pengusaha tekstil dan ritel bisa menemukan peluang lain via digital untuk menambal penurunan permintaan.

Pantau Kinerja Laporan Laba Rugi Setiap Saat

Hal terpenting untuk menjaga kinerja laba usaha perusahaan saat kondisi resesi ialah terus memantau kinerja laporan laba rugi setiap saat. Dengan mengetahui kinerja keuangan, terutama beban dan laba usaha, Anda akan memiliki gambaran kondisi yang sebenarnya, sehingga dapat memutuskan kebijakan bisnis yang paling tepat untuk dijalankan ke depan. Salah satu cara pebisnis untuk monitor usahanya adalah dengan accurate online. Accurate online adalah software akuntansi berbasis web yang dapat di akses kapan saja dan di mana saja.

Baca juga: Perbedaan accurate online dan accurate 5 desktop

Baca juga: Laba rugi sebagai alat ukur keberhasilan bisnis

Jadi transaksi yang bisa di kerjakan dan di monitor oleh accurate online seperti tagihan, invoice, membuat pesanan, kas dan bank, memantau stok barang dan salah satu point pentingnya bisa mendapatkan laporan keuangan secara real time dan update. Dapatkan penawaran resmi accurate online sekarang dengan diskon 25% untuk pengguna baru. Bila ada yang belum  jelas atau mau ditanyakan bisa hubungi marketing di telephone atau wa di 0812-8434-1364.

PENAWARAN ACCURATE ONLINE

 

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Software Akuntansi Untuk Perusahaan Chemical

Ade Muthia

Kiat Mudah Analisis Pasar untuk Menentukan Pasar Baru

Agus Fadhil

8 Cara Membuat Usaha Franchise Agar Berkembang

Ade Muthia