Akuntansi

Software Akuntansi Online dan Tips Memilihnya

Software akuntansi Online

Software akuntansi online memiliki banyak manfaat jika di treatment dengan yang baik. Apalagi jika pilihan software yang Anda gunakan adalah aplikasi terbaik dan terpercaya yang bisa memberi support sistem pada akuntansi perusahaan Anda.

Untuk dapat merasakan esensi penggunaan aplikasi akuntansi online yang akan Anda gunakan, ada baiknya Anda mempelajari apa itu aplikasi akuntansi online, alasan penggunaan dan bagaimana cara memilihnya.

Mengenal Apa Itu Software Akuntansi Online

Software akuntansi online memiliki banyak nama lain seperti, software akuntansi berbasis web, software akuntansi berbasis cloud, dan aplikasi akuntansi online. Dimana sistem komputer ini merupakan fasilitas penting untuk sebuah perusahaan.

Dengan bantuan server, Anda bisa mengirim informasi dengan sangat cepat. Sehingga sistem yang dibuat bisa terimplementasi dengan cepat dan akurat. Selain itu aplikasi software berbasis cloud memiliki sistem dua arah sehingga banyak keuntungan yang akan dirasakan.

Perangkat lunak ini, merupakan sistem akuntansi yang dibuat dengan pemrograman komputer yang berfungsi untuk mempermudah kegiatan akuntansi pada sebuah kegiatan usaha. software ini memungkinkan penggunanya melakukan kegiatan akuntansi dari jarak jauh.

Software akuntansi sendiri sebenarnya mencakup, segala dukungan terhadap kegiatan modularitas seperti modul pembelian, penjualan, buku besar, penggajian, neraca, laba rugi dan beragam kegiatan akuntansi lainnya.

Alasan Beralih ke Software Akuntansi Online

Perangkat lunak akuntansi online, sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk bisnis Anda. Namun Anda harus sesegera mungkin beralih ke aplikasi akuntansi online, untuk mendapatkan manfaat yang baik bagi kesuksesan finansial.

Walaupun masih banyak perdebatan dari penggunaan aplikasi akuntansi online vs cara manual, namun tidak dipungkiri, banyak alasan positif mengapa Anda harus beralih ke dalam software akuntansi online. seperti beberapa alasan dibawah ini:

1. Implementasi Lebih Mudah

Manfaat terbesar yang bisa perusahaan rasakan adalah implementasi yang lebih mudah. Apalagi migrasi data juga lebih mudah sehingga Anda  tidak perlu membuat sistem organisasi sendiri dan Anda dapat terus memperbarui akun dengan membuat beberapa entri reguler.

2. Biaya yang Dikeluarkan Lebih Terjangkau

Penggunaan aplikasi akuntansi online, memungkinkan perusahaan mengakses dan meninjau akuntan yang sama pada waktu yang sama, sehingga penghematan biaya akan terbentuk secara otomatis melalui efisiensi kerja.

3. Akurasi Data Lebih Terjamin

Kesalahan perhitungan akuntansi, pastinya akan berpengaruh besar pada pertumbuhan perusahaan. Dengan menggunakan aplikasi komputer, akurasi data perhitungan akuntansi pada sebuah perusahaan akan lebih terjamin dari cara konvensional.

4. Manajemen Arus Kas

Pengelolaan arus kas, harus dilakukan dengan baik agar kesehatan keuangan bisnis Anda lebih terjamin. Sistem akuntansi online membuat perkiraan keuntungan, kerugian, dan arus kas yang benar-benar dapat membantu Anda membuat keputusan keuangan yang tepat.

5. Produktivitas dan Efisiensi Kerja lebih Terjamin

Sistem akuntansi online secara dramatis akan mengurangi dokumen melalui proses otomatisasi, sehingga secara bertahap jam kerja yang dibutuhkan akan lebih singkat. Software ini memungkinkan pengguna menggunakan waktu dan untuk penggunaan lain yang lebih baik.

6. Mengurangi Tingkat Stress Pegawai

Cara manual memiliki banyak celah dan resiko kesalahan hitung. Salah perhitungan tersebut pastinya akan menyebabkan waktu terbuang dan tingkat stres semakin tinggi. Dengan akurasi sistem yang baik pastinya akan mengurangi stress Pegawai Anda.

7. Sistem Lebih Terintegrasi

Sistem online pada akuntansi perusahaan, akan memungkinkan Anda untuk mengelola dan mengawasi kegiatan akuntansi, selama Anda memiliki koneksi internet. Sehingga sistem akan lebih terintegrasi pusat.

8. Mengurangi Tingkat Kompleksitas

Software akuntansi berbasis cloud, harus dirancang khusus dengan mempertimbangkan kesederhanaan dan kemudahan penggunaan. Dengan kemudahan sistem yang digunakan, profesionalitas akan lebih terlihat.

9. Tidak Perlu Instalasi

Tidak seperti aplikasi offline yang perlu diinstal dengan lisensi di setiap PC, akses aplikasi akuntansi online tersedia di mesin browser internet desktop maupun mobile. Sehingga aplikasi bisa segera digunakan setelah terverifikasi.

10. Akses ke Dukungan Teknis

Perusahaan yang beralih ke software akuntansi online, bisa mendapatkan dukungan teknis melalui telepon atau aplikasi chatting. Sehingga jika terjadi kendala, aplikasi bisa langsung diperbaiki dari servernya.

11. Mendukung Gerakan Less Paper

Anda dapat mengimpor informasi dari dokumen Anda langsung ke cloud. Selain pertukaran informasi lebih aktual. Sehingga penggunaan kertas bisa lebih ditekan, dimana mengurangi penggunaan kertas juga membantu pemulihan bumi dengan mengurangi penebangan pohon.

Tips Memilih Software Akuntansi Online Berkualitas

Ada banyak pilihan dalam memilih software akuntansi online. Anda bisa menggunakan tips ini untuk memilih software akuntansi berkualitas.

1. Survei Harga Langganan Bulanan

Pada dasarnya, software akuntansi ada yang berbayar ada juga yang gratis, untuk aplikasi berbayar pastinya memiliki keuntungan dan keunggulan yang lebih besar dari pada penggunaan aplikasi gratisan.

Namun untuk berlangganan sebuah aplikasi akuntansi online, Anda harus melakukan survei harga dengan apa yang Anda dapatkan. Hal ini agar perusahaan terhindar dari berlangganan aplikasi abal-abal.

2. Perhatikan Fitur yang Disediakan

Dari banyaknya aplikasi akuntansi online, pasti dilengkapi dengan beragam fitur masing-masing. Maka dari itu kelengkapan fitur tersebut harus Anda analisis dengan teliti dan cermat memilih aplikasi dengan kebutuhan perusahaan anda.

Anda bisa membuat daftar kebutuhan fitur secara prioritas. Lalu melakukan pemilihan aplikasi berdasarkan fitur yang dimiliki seperti perkiraan dan pembuatan faktur, opsi pembayaran, penggajian, alat pelacak kas keluar masuk, pelaporan dan beberapa fitur lainnya.

3. Prioritaskan Software yang Menyediakan Versi Demo

Software yang menyediakan versi demo, pastinya akan memberikan Anda gambaran lengkap dari aplikasi yang Anda gunakan. Selain itu dari demo Anda bisa memastikan kecocokan aplikasi dengan perusahaan Anda.

Maka dari itu, versi demo ada untuk bisa Anda ulik dan uji coba semua fiturnya. Hal ini juga berhubungan dengan debugging system, dengan begitu Anda tidak akan kecewa dan harus kerja dua kali jika terjadi ketidakcocokan pada aplikasi yang akan Anda gunakan nantinya.

4. Perhatikan Basis Akuntansi yang Digunakan

Mencoba dan menjalankan aplikasi dengan beberapa contoh kasus yang perusahaan Anda alami,  sangat berguna untuk mengetahui apakah basis akuntansi pada aplikasi sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Selain itu dengan contoh kasus, Anda juga bisa menilai keakuratan perhitungan dan logika akuntansi yang digunakan. Selain itu dengan mencoba dan mengeksplorasi seluruh sistem Anda juga bisa beradaptasi dengan aplikasi sebelum berlangganan.

5. Keamanan Arus Data Adalah Nomor Satu

Sebelum memilih software akuntansi online, Anda harus melakukan pemeriksaan pada tingkat keamanan data pada software yang tersebut. Karena bagi sebuah perusahaan, data adalah aset paling penting yang harus dijaga.

Ada baiknya Anda menanyakan dan menilai respon atau jawaban yang diberikan CS, terkait protokol keamanan yang digunakan. Cara kedua Anda bisa menggunakan jasa layanan aplikasi yang memiliki kredibilitas baik dan terpercaya.

Anda bisa mendapatkan informasi software pembukuan online dengan menghubungi Solusiaccurate, Anda bisa mendapatkan software akuntansi online yang tepat untuk bisnis. Apalagi ada software ini menyabet penghargaan Top Brands selama 3 tahun berturut-turut. Pastinya soal keamanan tidak usah ditanya lagi

Nah, itulah alasan mengapa perusahaan Anda harus beralih menggunakan software akuntansi online dan beberapa tips untuk memilih aplikasi terbaik. Semoga bermanfaat!

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Menggali Lebih Dalam tentang Metode Akuntansi Akrual: Kunci Kesuksesan Keuangan Bisnis

Ade Muthia

Menguasai Rumitnya Perhitungan Akuntansi: Panduan Praktis untuk Sukses dalam Mengelola Angka

Ade Muthia

Manajemen Piutang Perusahaan: Strategi Pengelolaan yang Efektif

Ade Muthia