Uncategorized

Ini Dia Cara Onlinekan Bisnis Fashion Kamu..

Tentunya Anda sudah mengetahui bahwa pakaian atau baju merupakan salah satu kebutuhan primer manusia.

Sebagai manusia yang beradab, sudah sewajarnya semua mengenakan pakaian sebagaimana mestinya.

Oleh karena itulah bisnis baju atau pakaian merupakan salah satu bisnis yang tidak pernah mati dan terus berkembang hingga saat ini.

Terlebih lagi, setelah adanya teknologi internet yang memungkinkan Anda membuka bisnis secara online.

Kombinasi bisnis baju dan teknologi internet tentu memberikan tawaran yang menarik dengan risiko rendah dan potensi keuntungan yang tinggi.

Tetapi, Anda harus cerdas dalam mengelola bisnis ini, Anda harus tahu bagaimana cara jualan baju online jika baru memulainya. Jangan sampai tujuan menghasilkan keuntungan malah buntung simak artikel di bawah ini :

1. Tentukan Target Market Kamu

Seseorang yang sukses adalah mereka yang memiliki perencanaan bisnis yang matang dan terperinci. Rencana bisnis tidak harus panjang dan bertele-tele, namun cukup singkat dan padat.

Jangan lupa untuk menentukan target pasar dan identitas dari merek pakaian yang ingin Anda angkat.Sebelum mulai berbisnis online shopping, cara bisnis online yang pertama kali harus Anda lakukan ialah menentukan produk apa yang cocok untuk diperjualbelikan.

Untuk menentukannya, lakukan riset kecil-kecilan tentang produk apa yang populer dan disukai banyak orang.Lalu, pilih satu jenis produk yang ingin Anda kembangkan, misalnya produk pakaian wanita dengan potensi pembeli antara usia 17-45 tahun.

Gali potensi target pasar tersebut secara maksimal. Apa saja kebutuhan mereka yang masih berkaitan dengan fesyen. Lalu, masukkan semua produk tersebut ke dalam katalog toko online Anda.

Sebagai contoh, mari melihat perbandingan berikut:

  • Apabila Anda memilih untuk menjual baju batik, pasarnya sangat luas. Anda harus memikirkan bagaimana cara agar pasar bisa mengenal baju batik Anda dan mengetahui apa bedanya dengan baju batik lainnya. Dengan kata lain pasarnya lebih luas.
  • Apabila Anda memilih untuk menjual baju batik sutera dengan sistem produksi ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin), maka Anda harus menentukan kira-kira siapa orang yang mau dan mampu membelinya untuk menentukan segmen pasar. Dengan kata lain, pasarnya lebih segmented.

2. Melakukan Pemasaran Media Sosial

Setelah melakukan riset kini saatnya mulai berjualan. Namun sayangnya sebagus apapun produk atau jasanya, akan sia-sia jika produknya tidak diketahui orang.

Anda bisa memulai pemasaran digital dengan memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya.

Saat ini, internet sudah sangat banyak membantu, dan aksesnya mudah serta luas.

Dengan demikian, media sosial kini menjadi salah satu sarana pemasaran yang efektif.

Selain itu, gunakanlah juga marketplace untuk memperluas jaringan Anda. Dengan memamerkan produk dan jasa di marketplace, produk Anda akan diketahui publik lebih cepat.

Pastikan lagi media ini tepat dan menyasar pada target pembeli produk atau jasa yang Anda jual, misalnya:

  • Jika Anda ingin menarget anak muda, gunakan media sosial yang digemari anak muda seperti Instagram dan Twitter
  • Jika Anda ingin menarget keluarga dan kelompok yang lebih luas, Anda bisa menggunakan BukaLapak atau Facebook

3. Buatlah Toko Online

Anda bisa mempertimbangkan membuka sebuah website, marketplace, media chat sosial,  atau akun media sosial sebagai sarananya.

Jika modal yang dimiliki sedikit dan Anda baru saja memulai, disarankan untuk menggunakan sarana yang sudah ada, misalnya:

  • Marketplace: BukaLapak, Tokopedia, Shopee, dan sebagainya
  • Media sosial: Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya
  • Aplikasi chat: BBM, LINE, WhatsApp, dan sebagainya

Jika bisnis semakin berkembang, maka Anda bisa mulai membuat website sendiri. Mengapa? Karena membuat sebuah website membutuhkan biaya. Dengan kata lain, modal Anda bertambah.

Nah, jika keduanya masih kurang efektif, Anda bisa buat blog sederhana dan gratisan, melalui WordPress, BloggerMedium, atau situs lainnya.

Fungsinya sebagai tempat untuk menuliskan testimonial, penjelasan produk dan lain sebagainya.

4. Lakukan trik Pemasaran Yang Unik

Membangun sebuah strategi untuk bisnis kita tidak bisa sembarangan. Rahasia penjualan barang agar cepat menuai kesuksesan hanya cuma satu, yaitu strategi pemasaran nan unik dan kreatif.

Cobalah pikirkan kira-kira trik pemasaran seperti apa yang ingin Anda pakai. Pemasaran produk yang baik akan sangat berpengaruh pada performa penjualan produk pakaian Anda nantinya.

Ada banyak cara untuk mengenalkan toko online Anda, mulai dari media sosial hingga platform khusus online shopping. Misalnya, Facebook, Instagram, ataupun marketplace lainnya.

Lakukan branding pada toko online Anda dengan maksimal agar tercipta kepercayaan dari calon pelanggan. Pengenalan merek produk/jasa yang bagus dengan promosi yang sesuai target akan membuat calon pelanggan penasaran, dan akhirnya mulai mencari tahu, kemudian tertarik membeli apa yang Anda tawarkan.

5. Gunakan Sistem Akuntansi Untuk mencatat keuangan Kamu.

Masalah keuangan adalah salah satu penyebab kegagalan usaha bisnis onlinepaling utama.

Banyak yang terjerumus dalam kegagalan hanya karena gagal mengatur keuangannya.

Apabila Anda ingin sukses jualan baju online, mulailah memperhatikan pentingnya manajemen keuangan bisnis secara profesional.

Contohnya adalah dengan memisahkan uang pribadi dan uang bisnis agar tidak pernah tercampur.

Kemudian Anda harus mulai menentukan modal awal bisnis, seperti biaya izin usaha, peralatan, branding, riset pasar, penyimpanan, dan sebagainya.

Biaya ini kemudian dilanjutkan dengan biaya operasional seperti biaya perawatan, marketing dan iklan, biaya produksi, bahan baku, upah pegawai, dan sebagainya.

Anda bisa membuat sistem keuangan sendiri mengunakan sistem akuntasi yang simple dan cocok untuk UMKM seperti Accurate Online sehingga sistem yang dibuat semakin jelas dan terjamin.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Go-Jek Akuisisi 3 Fintech Sekaligus

admin

Langkah Mengatur Keuangan Usaha Agar Rapih dalam Pembukuan

Agus Fadhil

Pengertian ROE : Manfaatnya Bagi Pengembangan Bisnis Anda

Rika Angraini