Bisnis

Kenali Strategi Red Ocean dan Tips Menerapkannya dalam Bisnis Anda

Memahami Red Ocean Strategy

Strategi red ocean pada bisnis adalah hal yang sering di dengar oleh setiap pengusaha. Tetapi banyak dari mereka yang tidak mau memahami strategi red ocean dalam bisnis mereka. Padahal strategi ini sangat penting bagi Anda yang berada di industri dengan tingkat persaingan yang tinggi.

Karena sudah menjadi rahasia umum jika persaingan bisnis market red ocean pastinya sangat berat, hal ini bisa terjadi karena kita bertarung di pasar yang sudah mencetak banyak kompetitor besar dan konsumen loyal pada beberapa brand.

Namun jika Anda bersikukuh untuk menggunakan strategi tersebut, maka Anda harus benar-benar memahami apa itu strategi red ocean, karakteristik, dan tips memenangkan persaingan.

Baca Juga: Blue Ocean Strategy: Konsep Dasar, Manfaat, dan Penerapannya

Apa itu Strategi Red Ocean?

Bak memancing di empang yang sudah jelas ada ikannya, persaingan bisnis di pasar red ocean sangat lah kompetitif, dimana yang perlu Anda garis bawahi adalah pasar yang sudah terbentuk pastinya sudah menciptakan banyak pebisnis kompetitor yang bahkan lebih dulu terjun dari pada Anda.

Maka dari itu Anda harus memiliki rencana atas tindakan atau kegiatan bisnis kedepannya. Untuk membuat bisnis, brand maupun produk Anda bisa bersaing dan bertahan di tengah pasar dengan persaingan yang sangat ketat.

Untuk memenangkan persaingan, banyak pebisnis cenderung mencari sesuatu yang membedakan mereka dengan pebisnis lain. Perbedaan tersebut mengacu pada fitur unik, layanan pelanggan yang diberikan, audiens target yang lebih spesifik, solusi yang diberikan pada konsumen.

Namun, tidak sedikit para pelaku bisnis menekan peningkatan produk sebagai poin penting dalam strategi yang ia jalankan. Padahal jika dilihat dari sisi yang lain, selalu ada langit di atas langit atau lebih tepatnya peningkatan produk saja tidaklah cukup.

Bisa dibilang strategi red ocean adalah bagaimana bisnis anda bisa bersaing dalam pasar dengan banyak konsumen dan banyak peminat bisnis yang sudah lebih dulu terjun pada pangsa pasar yang sama.

Menjalankan bisnis ini memerlukan strategi yang benar-benar matang. Tidak hanya itu, Anda juga harus memiliki SDM yang mumpuni untuk ikut berkontribusi dalam menjalankan bisnis yang cukup keras.

Karakteristik dari Market Dan Strategi Red Ocean

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya red ocean sebenarnya adalah sebuah market dimana sudah banyak yang terjun dalam bisnis di pangsa pasar tersebut, sedangkan strategi adalah tindakan yang akan diambil untuk bisa bersaing di pasar tersebut.

Antara market dan strategi red ocean memiliki karakteristik masing masing dimana Anda bisa melihat pada penjelasan dibawah ini:

Karakteristik Market Red Ocean

Red Ocean Strategi
Source: Medium.com

Adapun karakter dari makter red ocean adalah sebagai berikut:

  • Dilihat dari segi ruang lingkup pasar, market red ocean memiliki ceruk yang sudah terbentuk, banyaknya permintaan akan sebuah pasar akan memunculkan banyak pelaku bisnis yang menyediakan permintaan tersebut.
  •  Produk dari market red ocean, cenderung sama dengan beberapa perbedaan maupun peningkatan saja.
  •  Permintaan pasar akan dari market ini akan terus digoreng untuk meningkatkan kebutuhan pasar akan produk yang dipersaingkan pada market tersebut.
  • Dari segi persaingan pastinya market red ocean lebih kompetitif dari market lain, dimana peluang yang besar membuat banyak pebisnis yang tergiur untuk terjun di pangsa pasar yang sama sehingga.
  • Batasan-batasan industri telah didefinisikan dan sudah disepakati bersama antara masing-masing pebisnis di market tersebut.
  • Kebutuhan dan keinginan pasar lebih mudah terbaca karena sudah banyak yang terjun dan melakukan bisnis di bidang tersebut.

Karakteristik Strategi Red Ocean

Sedangkan untuk karakter dari strategi red ocean biasanya mengacu pada beberapa fokus dibawah ini:

  • Bisnis akan fokus bersaing pada ceruk pasar yang besar dan sudah ada yang terjun terlebih dahulu.
  • Peningkatan bisnis untuk mengalahkan pesaing menjadi salah satu bentuk yang wajib dilakukan.
  • Memberikan perhatian lebih pada pertukaran nilai atau biaya trade off.
  • Eksploitasi mendalam pada permintaan pasar yang selalu ada.
  • Pemasaran dan iklan menjadi point penting.
  • Memberikan pembeda antara produk atau bisnisnya dengan bisnis lain pada pangsa pasar yang sama.
  • Fokus memberikan pelayanan terbaik untuk kontinuitas pelanggan, bisa dibilang kepuasan pelanggan menjadi poin penting dalam strategi ini.

Tips Menerapkan Strategi Red Ocean

Untuk menerapkan strategi ini, ada baiknya Anda memegang teguh beberapa prinsip dasar dibawah ini:

1. Manajemen Resiko

Sebelum terjun ke market red ocean, pastinya Anda sudah paham bahwa ditengah peluang yang besar akan kebutuhan pasar, tersimpan resiko yang cukup besar dimana persaingan terus berlanjut secara kompetitif.

Manajemen resiko Anda harus baik, dimana Anda bisa memilih antara diferensiasi produk (faktor pembeda produk) maupun cost reduction (pengurangan harga) dimana kedua pilihan tersebut sama-sama memiliki resiko yang besar.

Untuk meminimalisir resiko bisnis Anda harus melakukan akuntansi yang baik dan benar. Anda bisa menggunakan aplikasi Accurate dari SolusiAccurate untuk mempermudah pencatatan dan perhitungan keuangan dengan akurat. Sehingga resiko salah hitung bisa diminimalisir.

2. Eksploitasi Permintaan

Prinsip kedua adalah dengan mengeksploitasi permintaan pasar, sehingga proses perputaran kebutuhan akan terus berjalan. Setiap perusahaan akan berlomba untuk menunjukkan betapa konsumen membutuhkan produk masing-masing.

Dalam hal ini, riset kebutuhan pasar harus Anda canangkan agar tahu poin penting dari kebutuhan pasar yang bisa dieksploitasi agar permintaan akan sebuah produk terus tinggi.

3. Riset Kompetitor

Ketatnya persaingan di pasar red ocean, membuat Anda harus melek akan apa yang tengah dikerjakan atau gebrakan apa yang dilakukan oleh kompetitor Anda. Sehingga Anda bisa menentukan langkah terbaik untuk bisa terus bersaing pada pangsa pasar yang setara.

Bahkan riset kompetitor sudah menjadi hal yang lumrah dalam dunia bisnis, banyak cara bisa dilakukan seperti mengamati pergerakan bisnis yang dilakukan kompetitor atau memata-matai sosial media perusahaan kompetitor.

4. Tawarkan Solusi pada Konsumen

Karena memiliki audiens yang sama, Anda tidak bisa menawarkan hal yang itu-itu saja pada konsumen. Maka Anda bisa menitikberatkan pada pemecahan solusi yang bisa diberikan jika membeli atau menggunakan produk atau bisnis Anda.

Dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada pelanggan Anda bisa mempelajari target pasar Anda dan menentukan poin penting yang bisa diberikan produk kepada setiap penggunanya. Pada poin ini Anda harus mendedikasikan waktu dan tenaga untuk mengenal lebih dalam kebutuhan dari target pasar Anda.

5. Temukan Target Sasaran Baru

Untuk menemukan target sasaran baru, Anda harus melakukan riset untuk melihat kelemahan dari kompetitor.  Anda harus menemukan apa yang tidak disukai dari konsumen terhadap kompetitor Anda. Target konsumen tersebut bisa menjadi target baru untuk Anda dengan catatan produk Anda dapat memberikan apa yang dicari pelanggan yang tidak didapatkan pada produk kompetitor.

6. Membentuk Tim yang Solid

Untuk menerapkan strategi yang baik, Anda tidak bisa hanya bergerak sendiri, walaupun ada kemungkinan bisa pastinya akan sangat sulit dan berdarah-darah. Maka dari itu Anda memerlukan tim yang solid dan siap mental untuk bisa berkontribusi dalam menjalankan strategi bisnis yang Anda buat.

7. Iklan Produk yang Menarik

Anda harus mengikuti tren pasar untuk meraup jangkauan pasar yang lebih luas. Iklan melalui sosial media dapat Anda lakukan dengan catatan pengemasan iklan yang sekiranya dapat menarik banyak audiens. Serta tetap menonjolkan nilai produk yang ingin Anda publikasikan.

Baca Juga: Perkembangan Akuntansi di Indonesia dari Waktu ke Waktu

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa hal penting dan tips dalam penerapan strategi red ocean, semoga membantu bagi Anda yang ingin terjun ke market pasar tersebut. Terlepas dari jenis strategi apa pun yang Anda gunakan, suatu bisnis harus memiliki pembukuan yang terstruktur supaya memudahkan Anda dalam proses pelaporan.

Hal ini juga membuktikan bahwa bisnis Anda bisa dipertanggungjawabkan. Maka dari itu, gunakan software akuntansi Accurate Online dari SolusiAccurate untuk mempermudah proses pembukuan dan pembuatan laporan keuangan bisnis Anda.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Mengoptimalkan Performa Usaha dengan Day Sales in Inventory: Panduan Lengkap

Ade Muthia

Laporan Perubahan Posisi Keuangan: Menyingkap Sumber dan Penggunaan Dana

Ade Muthia

7 Ide Bisnis Kreatif yang Menghasilkan Uang

Ade Muthia