Uncategorized

Suka Kopi?? Bisnisin Aja!! Ini dia Tips Memulai Usaha Coffee Shop.

COFFEE shop adalah sebuah lahan bisnis menjanjikan jika kamu tahu bagaimana cara mengembangkannya. Pertumbuhan kafe di Indonesia sendiri sudah mengalahkan pertumbuhan jamur di musim hujan. Tak hanya di kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, Bandung atau Surabaya, kota-kota kecil sekalipun sudah memiliki banyak sekali gerai kopi yang menjamur meski memiliki standar dan pasar yang berbeda-beda.

Bagi kamu yang ingin membuka coffee shop tentu hal ini tidaklah semudah menyeduh kopi ke dalam cangkir. Karena coffee shop adalah sebuah bisnis yang memiliki banyak aspek yang harus diperhatikan. Jadi kafe yang sukses bukan berdasarkan modal belaka. Sebelum kamu membuka gerai kopi, ada baiknya membaca artikel ini yang tentunya akan membantu kamu mempertimbangkan hal sebelum terjun ke dunia yang sebenarnya menjanjikan.

1. Membuat Konsep

Di era sekarang tidak ada kafe yang berdiri tanpa sebuah konsep. Oleh karena itu sebelum memulai bisnis ini, kamu juga harus memikirkan konsep apa yang akan dibawa oleh coffee shop kamu. Jika konsep telah terbentuk, tentunya akan memudahkan kamu untuk membuat interior dan juga menilik target pasar. Konsep yang terbentuk dengan matang akan membantu bagaimana interior terbangun kelak. Karena sebuah coffee shop tentulah mengunggulkan kenyamanan maka interior yang menarik dan nyaman juga diperlukan. Semuanya akan dengan mudah diwujudkan jika kamu sudah memiliki konsep yang jelas.

Ada bebeberapa jenis coffee shop yang bisa Anda pilih, seperti warung kopi yang sederhana untuk masyarakat, coffee shop untuk masyarakat menengah hingga coffee shop untuk kelas atas. Tentukan terlebih dulu target yang ingin Anda bidik, lalu persiapkan coffee shop seperti apa yang ingin didirikan.

2. Membuat Rencana Bisnis

Sebelum memulai membuka bisnis kafe, kamu tentunya harus mempunyai business plan yang matang,yang termasuk business plan ini adalah gerai seperti apa yang inginkamu dirikan,bagaimana coffe shop ini mendatangkan keuntungan, customer seperti apa yang ingin kamu sasar, pelajari kompetitor kamu,perencanaan perkembangan di masa depan, dan bagaimana pemecahan suatu masalah.

menentukan target diawal merupakan langkah yang sangat baik, karna dengan begitu kamu sudah memiliki gambaran coffee shop seperti apa yang ingin kamu buat, Naah strategi apa yangharus dilakukan?? membangun bisnis memang tidak mudah oleh karena itu perlu persiapan yang matang agar bisnis dapat berjalan dengan lancar

Mulai dari diversifikasi bisnis, strategi mengembangkan pasar, mengembangkan produk, hingga jenis promosi yang ingin dilakukan.

3. Konsep Interior

Jika konsep sudah benar-benar matang, maka kamu harus memikirkan interior yang sesuai konsep kafe kamu. Interior haruslah nyaman dan membuat pelanggan betah saat menikmati makanan dan minuman. Perhatikan pemilihan meja dan kursi, pencahayaan dan juga warna ruangan indoor outdoor. Karena semua elemen tersebut membantu membuat gerai kopi kamu menjadi nyaman.

selain konsep interior pemilihan lokasi menjadi penentu bisnis yang Anda jalankan berhasil atau tidak. Oleh karena itu, carilah tempat yang strategis dengan akses yang mudah ditemukan. Usahakan berada di tengah-tengah keramaian.

Misalnya, Anda bisa memilih tempat seperti dekat dengan kampus, sekolah, kantor ataupun di mall. Sesuaikan pula pemilihan tempat dengan target market yang di tuju agar pasarnya tepat sasaran.

4. Diperlukan nya seorang Akuntan

Jasa akuntan sangat diperlukan di sebuah coffee shop. Keahlian akuntan yang hadir di kafe kamu akan membantu banyak hal. Pembukuan dan laporan akan memudahkan kamu mengontrol segala hal yang melibatkan finansial. Dengan hadirnya akuntan, kamu tak perlu repot lagi memikirkan urusan finansial yang tentunya tak bisa dianggap enteng karena merupakan hal inti yang memengaruhi berhasilnya gerai kopi yang kelak akan kamu dirikan. Jika kamu menekan budget untuk menyewa jasa seorang akuntan, kamu bisa belajar menjadi akuntan. Jadilah akuntan untuk kafe kamu sendiri tapi sebelumnya harus benar-benar belajar dari mereka yang sudah ahli.

atau jika kamu kesulitan dalam belajar akuntansi kamu bisa pakai sofware akuntansi yang sudah banyak di percaya oleh banyak perusahaanuntuk mempermudah pencatatan di perusahaan nya.

Baca juga : Aplikasi untuk mengelola stok barang & bahan baku Coffee Shop kamu..

5. Pilih Supplier Kopi

Untuk mendapatkan supplier yang tepat, Anda bisa mencarinya di beberapa daerah. Indonesia merupakan penghasil kopi terbesar nomor 3 di dunia setelah Brazil dan Vietnam. Tentu saja, kualitas kopi yang dihasilkan di Indonesia tidak diragukan lagi rasanya. Misalnya, Kopi Aceh Gayo, Kopi Toraja, Kopi Bali Kintamani, Kopi Floress Manggarai, Kopi Arabika Wamena, dan masih banyak lagi jenis kopi lainnya.

Jika memiliki budget lebih, Anda bisa langsung mengunjungi daerah-daerah tempat kopi tersebut dihasilkan. Namun, apabila budget yang dimiliki terbatas, sebaiknya carilah informasi baik melalui teman ataupun internet untuk mendapatkan kontak supplier yang terpercaya. Mintalah tester, jika memang kopi yang dicari sesuai dengan harapan buat kerjasama dengan supplier tersebut.

6. Pendanaan

Ini merupakan hal yang vital Mendirikan sebuah coffee shop tentunya memerlukan dana yang tidak sedikit. Jika kamu telah memiliki modal yang cukup, mungkin masalah dana awal bukanlah hal yang besar. Tapi jika kamu ingin mendirikan gerai dengan investor atau teman-teman, masalah pendanaan harus dibicarakan matang-matang. Buatlah perjanjian sebelum bisnis berjalan. Segala sesuatu yang menyangkut bisnis harus berasaskan terus terang agar tak menimbulkan hal-hal kurang menyenangkan di kemudian hari.

Sebelum menghabiskan tabungan kamu, kamu harus tahu bahwa untuk 6 bulan ke depan kafe kamu mungkin belum menghasilkan keuntungan. Segala usaha yang baru dirintis biasanya merugi dulu pada awalnya. Untuk itu sangat disarankan kamu memiliki tabungan yang cukup menghidupi kamu sampai 6 bulan ke depan. Karena kamu pasti tidak mau hidupmu terganggu secara finansial gara-gara bisnis ini belum menghasilkan.

7. Cara Pemasaran

Berada di lokasi yang strategis tidaklah cukup untuk membuat coffee shop kamu dikenal orang. Kamu memerlukan strategi lebih agar bisnis ini diketahui dan meluas ke berbagai kalangan. Dan di sinilah kekuatan marketing dibutuhkan. Pada pembukaan hari pertama mungkin kamu bisa memberi sampel kopi gratis kepada pelanggan. Selain itu mungkin kamu bisa membuat promo sampai batas waktu yang ditentukan agar menjaring pelanggan. Optimasi sosial media yang sekarang menjadi salah satu layanan iklan gratis yang cukup efektif. Jangan pernah abaikan kekuatan sosmed karena sekarang sosial media sangat banyak membantu bisnis seperti ini. Selain itu mungkin kamu bisa mengundang beberapa media untuk datang dan meliput kafe kamu. Juga bisa mengadakan workshop menarik yang membuat pelanggan datang dan tentu sambil terus berinovasi.

Intinya pemasaran jangan hanya dilakukan pada awal pembukaannya saja. Pemasaran harus dilakukan terus menerus untuk pertumbuhan bisnis yang lebih baik.

8. Cita Rasa

Semua hal dipaparkan di atas tidak akan ada gunanya jika makanan dan minuman yang dihasilkan kamu jauh dari kualitas yang diharapkan. Jadi pastikan makanan dan minuman yang ada di kafe kamu terjaga kenikmatannya dan membuat pelanggan tak mudah melupakan nya dan tentunya mau jadi pelanggan setia di coffee shop kamu.

 

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Export-Impor PPH 23

admin

Menampilkan Widget Pengingat Piutang / Hutang ( AOL )

admin

Berikut Tips Mudik Agar Aman dan Nyaman Selama Perjalanan

Rika Angraini