Manajemen

5 Komponen Penting Supply Chain Management

Komponen Supply Chain Management

Supply chain management merupakan proses yang panjang.Selain itu, supply chain juga menjadi bagian dari strategi bisnis. Sehingga Anda sebagai pemilik perusahaan perlu menjalankan supply chain dengan berbagai cara yang efektif dan produktif untuk bisnis Anda. Dengan begitu, Anda perlu mengetahui komponen supply chain management.

Mengapa bisnis perlu mengelola supply chain dengan baik? Supply chain telah menjadi bagian yang bisa menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Mengutip dari Procureport.com bahwa pasar supply chain memiliki nilai $ 37,41 miliar. Tidak sampai situ saja, pertumbuhan tahunan sebesar 11,2% dari tahun 2020 hingga 2027. Dengan angka tersebut, perusahaan perlu fokus pada supply chain manajemen.

Ada lima komponen penting dalam Supply Chain Management yang perlu ditata dengan baik oleh setiap organisasi dan perusahaan.

Apa saja komponen Supply Chain Management yang perlu diterapkan dengan baik pada perusahaan?

Perencanaan

Komponen pertama dari sebuah aktivitas adalah perencanaan. Begitu juga dalam supply chain management, perencanaan menjadi salah satu bagian penting dalam memenuhi kebutuhan distributor hingga pelanggan. Bisnis perlu membuat rencana yang tepat dalam proses rantai pasok.

Meskipun bisnis Anda merupakan bisnis skala kecil maupun menengah, perencanaan rantai pasok tetap perlu ada. Sehingga Anda memiliki cara terbaik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan efisiensi, serta nilai yang konsisten kepada para pelanggan.

Baca Juga: Supply Chain Perusahaan Jasa: Penerapan & Tantangan

Perencanaan ini diperlukan untuk menyesuaikan dari pesanan kepada supplier hingga produk bisa sampai ke tangan konsumen. Anda perlu menentukan setiap aktivitas perencanaan dengan baik, mulai dari pemilihan supplier, kualitas bahan baku, bagaimana aktivitas barang dari tahap produksi masuk ke dalam gudang.

Sumber Daya

Komponen kedua yang perlu Anda perhatikan dalam manajemen rantai pasok adalah sumber daya. Mungkin langkah ini menjadi langkah yang cukup penting dari semua komponen rantai pasok yang perlu Anda ketahui. Jika Anda berhasil melakukan efisiensi dan efektifitas maka membantu bisnis dalam melakukan penghematan biaya.

Pada tahap ini sangat penting bagi perusahaan untuk melakukan analisis menyuluruh mengenai Sumber daya yang dimiliki. Caranya dengan mengontrol dan mengawasi transaksi, aliran inventaris, otomatisasi pembayaran, dan informasi pengiriman dengan baik dan tepat.

Pastikan juga Anda memiliki supplier dan jasa pengiriman yang kompeten. Pada tahap ini bukan sekedar mencari maupun menemukan vendor yang memiliki harga layanan terjangkau, tetapi juga supplier perlu di evaluasi dan memenuhi syarat.

Inventory

Anda juga perlu menjaga inventaris yang penting untuk bisnis Anda. Sehingga Anda bisa menjaga ketersediaan bahan baku sangat-lah penting. Usahakan kalau Anda memiliki beberapa supplier untuk menjaga ketersediaan bahan baku bisnis.

Kemampuan dalam mengelola inventaris dengan hati-hati dan memastikan bahwa jadwal produksi selaras dengan permintaan pasar adalah sesuatu keterampilan yang perlu terus dilatih oleh para pebisnis.

Baca Juga: Ini Pentingnya Supply Chain Management

Logistik dan Transportasi

Komponen supply chain management berikutnya adalah logistik dan transportasi. Setelah produk di produksi, tim Supply Chain perlu mengkordinasikan pesanan, logistik, dan pengepakan, hingga pengiriman ke distributor dan konsumen.

Anda perlu memantau prosesnya, dari barang di kirim dari gudang hingga barang tersebut sampai ke tangan distributor. Hal ini agar memastikan tidak adanya kendala dalam proses logistik dan pengiriman.

Pengembalian Barang (Retur)

Supply chain management juga mengatur bagaimana barang reject, rusak, atau gagal produksi yang baru terlihat setelah pengiriman bisa dikembalikan dengan mudah dan cepat.

Selain itu memikirkan juga bagaimana barang tersebut reproduksi, pembuangan, atau pengembalian produk ke rak di gudang. Supply chain management menjadi satu cara yang mampu merespons penawaran dan permintaan, namun lebih fleksibel dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

Kesimpulan

Mengenal komponen supply chain management adalah satu langkah efektif yang bisa Anda lakukan untuk mengelola berbagai aktivitas dengan lebih efisien. Anda juga bisa menganalisis bagaimana kondisi keuangan bisnis dengan penerapan supply chain management yang tepat.

Salah satu langkah efektif dengan menggunakan software bisnis yang tepat. Salah satunya menggunakan software akuntansi Accurate Manufaktur yang bisa mengatur pengelolaan keuangan perusahaan manufaktur dengan baik. Pelajari kebutuhan Anda pada software akuntansi Accurate Manufaktur.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Ini Pentingnya Supply Chain Management

admin

Mencapai Kemandirian Finansial: Langkah-langkah Menuju Kebebasan Finansial

Ade Muthia

Tips Yang Bisa Dicoba Saat Audit Persediaan Barang Pada Perusahaan Retail

admin