Uncategorized

Bagaimana Mencatat Nilai Diskon Pada Faktur Pembelian di Accurate Online

diskon pembelian

Diskon pembelian atau potongan pembelian adalah diskon yang diberikan pada saat atau setelah terjadi transaksi dan biasanya muncul saat terjadi tawar menawar harga dengan alasan kedekatan personal, volume pembelian, atau jenis/kualitas barang.

Baca Juga :  Mudahnya Mengelompokkan Tingkatan Harga Diskon di Accurate Online

Potongan (discount), yaitu potongan harga yang diberikan penjual kepada pembeli. Penjual akan memberikan potongan harga kepada pembeli karena beberapa alasan sebagai berikut :

  1. Membeli barang secara tunai dalam partai besar (jumlah yang banyak).

  2. Melunasi hutang sebelum jatuh tempo atau lebih cepat dari waktu yang ditentukan dalam syarat pembayaran (term of credit).

Bagi pembeli, potongan harga tersebut potongan pembelian (purchase discount), sehingga jumlah yang dikeluarkan untuk membayar harga pembelian barang menjadi berkurang. Potongan pembelian yang diterima pembeli akan dicatat disebelah kredit pada akun potongan pembelian.

Baca Juga :  Mudahnya Membuat Faktur Penjualan di Accurate Online

Adapun bagi penjual potongan harga tersebut disebut potongan penjualan (sales discount), sehingga jumlah uang yang diterima dari harga penjualan barang menjadi berkurang. Potongan penjualan yang diberikan penjual akan dicatat disebelah debet pada akun potongan penjualan.

Baca Juga : Pengertian Potongan Pembelian dan Potongan Penjualan Dalam Akuntansi

Lalu bagaimana mencatat nilai diskon faktur pembelian di Accurate Online?

Nilai diskon pada Faktur Pembelian pada Accurate Online, akan langsung memotong nilai persediaan-nya. Sehingga saat dilihat pada jurnal transaksi Faktur Pembelian dengan diskon, baik diskon barang ataupun diskon faktur, tidak ada akun penampung atas nilai diskon tersebut.

Hal ini dikarenakan Accurate menggunakan metode pencatatan persediaan Perpetual.

Sebagai ilustrasi pada gambar dibawah ini yaitu terdapat diskon barang dengan total diskon Rp 23.750. Maka jurnal transaksi atas Faktur Pembelian tersebut adalah seperti berikut ini (Perhatikan Gambar) :

diskon pembelian di accurate online

Faktur Pembelian dengan Diskon

diskon pembelian di accurate online

Jurnal Transaksi Faktur Pembelian dengan Diskon

Available for Accurate Online

Tapi Kamu gak perlu pusing lagi memikirkan jurnalnya atau cara inputnya seperti apa, karena sekarang sudah bisa dilakukan otomatis loh, gak perlu manual lagi deh. Accurate Online hadir untuk memberikan kemudahan, termasuk didalamnya untuk mencatat transaksi penjualan dan pembelian.

Jadi Kamu bisa fokus dalam mengembangkan bisnismu, urusan pembukuan biarkan Accurate Online yang melakukannya. Selain itu Accurate Online juga memiliki fitur untuk melakukan stock opname, fitur approval, fitur smartlink e-commerce dan lainnya. Yang dapat membantu para pelaku usaha dalam hal pencatatan pembukuannya. 

Baca Juga : 

Tertarik membuat kemudahan dalam pengelolaan pembukuan bisnis online Anda? Coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

coba gratis 30 hari Accurate Online

Dan Accurate Online sedang ada DISKON LANGSUNG 600 RIBU, jika Kamu berlangganan sekarang juga !. Cara berlangganannya cukup mudah, hanya tinggal klik tautan pada gambar dibawah ini.

Diskon Accurate Online 600 ribu

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Ngintiip, Bisnis Suami Syahrini, Reino Barack yang Tajir Melintir..

Ade Muthia

Import Transaksi RENE 2 ke Masing-Masing Warehouse di ACCURATE4

admin

Melakukan Transaksi Retur Hanya Nilainya Saja

admin